Headlines News :
Home » » Forkompas Dukung Kemerdekaan Papua Barat

Forkompas Dukung Kemerdekaan Papua Barat

Written By Unknown on 19 Juni 2013 | 19.6.13


MENARAnews, Semarang - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa Papua Semarang (Forkompas), menggelar aksi unjuk rasa pada Selasa (18/6), menuntut pembebasan Papua Barat dari wilayah NKRI dan mendukung Papua Barat untuk diangkat menjadi anggota tetap Melanesian Sparehead Group (MSG) melalui Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-18 negara-negara anggota MSG di Kanaky, Kaledonia Baru pada 18 - 21 Juni 2013.
Aksi diawali dengan penyampaian orasi singkat di bundaran eks-videotron jalan Pahlawan Semarang pada pukul 10.00 dan dilanjutkan dengan long march mengelilingi kawasan simpang lima Semarang. Aksi diakhiri dengan pembacaan pernyataan sikap oleh perwakilan Forkompas di persimpangan Jalan Pemuda dan kawasan simpang lima.
Juru Bicara Forkompas, Ottis Tabuni mengatakan, upaya Pemerintah RI untuk melakukan percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan di tanah Papua melalui program UP4B sangat diapresiasi oleh masyarakat Papua. Namun permasalahan yang ada di Papua bukan hanya masalah kesejahteraan tetapi juga masalah ideologi.
“Masyarakat Papua bukan bangsa melayu sebagaimana mayoritas masyarakat Indonesia, masyarakat Papua merupakan bangsa Melanesia yang mempunyai hak kebangsaan untuk menentukan nasib sendiri,” tegas Ottis
Oleh karenanya, sambung Ottis, Pemerintah RI harus segera memberikan hak dan kesempatan bagi masyarakat Papua Barat untuk menentukan nasib sendiri melalui membebaskan Papua Barat dari NKRI. Ottis berharap momentum pengangkatan Papua Barat menjadi anggota tetap MSG dapat membuka jalan bagi Papua Barat untuk memerdekakan diri dari NKRI.
Sementara itu dihubungi via telepon, Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Kab. Dogiyai, Luki Yuawo mengatakan, dukungan terhadap pembebasan Papua Barat juga dilakukan masyarakat Dogiyai. KNPB Dogiyai dalam aksinya menuntut agar kantor cabang Organisasi Papua Merdeka (OPM) dapat dibuka di Port Moresby, Papua Nugini untuk mendukung Papua Barat agar masuk dalam keanggotaan tetap MSG.(fr) 

posting in facebook
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

make an animated gif

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Bintang Kejora

Bintang Kejora

Mau Ikutan? Klik Join

 
Support : Creating Website | WEST PAPUA | WEST PAPUA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. GORESAN ANAK RANTAUAN - All Rights Reserved
Template Design by NP_Muye Published by GORESAN ANAK RANTAUAN