Headlines News :
Home » » MAKNA KEHIDUPAN YANG SEBENARNYA

MAKNA KEHIDUPAN YANG SEBENARNYA

Written By Unknown on 19 Agustus 2014 | 19.8.14

Kita perlu sadari bahwa, kehidupan manusia tak terlepas dari keinginan untuk hidup, bahkan manuisa selalu bertanya-tanya untuk merasakan hidup ini seperti yang bagaimana? Dan untuk pula juga mau mengetahui makna kehidupan manusia yang sebenarnya? Semuanya ini menjadi dorongan dan keinginan, untuk mau merasakan kehidupan di dunia ini.
Sepertinya makna kehidupan ini, jika mau mewujudkan kita perlu mengetahui bahwa, makna kehidupan mana yang sebenarnya di cari oleh manusia, untuk mewujudkan keinginan untuk hidup di dunia ini. Nah, untuk mau mewujudkan keinginan tersebut, ada tiga makna kehidupan yang terpenting dalam kehidupan kita yaitu: belajar, refleksi, dan berdoa. Sebab, dengan ketiga makna tersebut, menjadi kekuatan dan keinginan untuk mewujudkan impian dan makna kehidupan kita.
Nilai ketekunan dan keyakinan menjadi dorongan hidup, dalam memaknai apa yang menjadi kekurangan untuk menggapai suatu cita-cita dan impian kita. Makna nilai Ketekunan dan keyakinan adalah tindakan yang benar-benar di lakukan untuk mencapai pada tujuan hidup kita, jika itu di katakana benar dalam melakukan tindakan tersebut. Misalnya, menuruti perintah-perintah orangtua kita masing-masing atau membantu orang yang celaka atau ketabrakan di hadapan kita.
Ketekunan dan keyakinan ini, jika kalau kita belajar, refleksi dan berdoa pasti saja kehidupan kita ini akan terwujud, sesuai dengan keinginan atau harapan untuk mendapatkan suatu hal yang diiginkan, yaitu berupa impian dan cita-cita kita, jika itu benar-benar mau mendapatkan, untuk mewujudkan makna kehidupan yang sebenarnya.
Perlu di rumukan bahwa, ada tiga makna kehidupan yang sebenarnya, yaitu:
  • Belajar
Belajar merupakan salah satu pintu kesuksesan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, demi mempelajari makna kehidupan manusia benar, jika itu di katakana benar dan salah, jika itu di katakana salah. Dengan belajar bukan saja kita menambahkan ilmu pengetahuan, tetapi belajar juga akan mempelajari kehidupan yang akan terjadi, entah itu sengajah maupun tak sengajah yang terjadi dalam diri pribadi seseorang, keluarga, masyarakat maupun bangsa dan Negara, bahkan terjadi di dunia luas.
Kata belajar, diartikan sebagai suatu perkembangan pengetahuan yang luar biasa dan seharusnya perlu di kembangkan bahkan mempelajari komponen-komponen kehidupan manusia yang selalu terjadi di kalangan manusia zaman kini dan zaman dahulu kala. Contah-contoh dari makna belajar adalah belajar menghargai orang lain, entah itu orang yang tertua sampai anak kecil atau baru saja dilahirkan, menghargai waktu dan menghargai kondisi atau situasi lingkungan yang terjadi di saat-saat tertentu.
Kunci keberhasilan akan terwujud, jikalau kita menjalani sesuai dengan proses makna kehidupan dengan mempelajari pengetahuan yang kita miliki sebelumnya. Keberhasilan akan nampak atau muncul dengan sendirinya, jika kita tekuni dan yakini bahwa pengetahuan yang kita miliki tidak akan sia-sia dalam menerapkan pengembangan pengetahuan terhadap masalah-masalah yang akan terjadi, entah itu di lingkungan keluarga, di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
  • Refleksi
Refleksi merupakan suatu jalan yang terbaik untuk merefleksikan pengalaman-pengalaman hidup manusia. Pengalaman merupakan tindakan yang dilakukan secara sengajah maupun tak sengajah.
Refleksi sangat bermanfaat bagi manusia untuk mengoreksi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh manusia dalam kehidupan keseharian. Hal tersebut, menjadi dorongan untuk memperbaiki tingkah laku seseorang. Merefleksikan diri merupakan suatu tindakan untuk mau merubahkan diri dalam melakukan tindakan yang salah, jika itu salah dan benar, jika itu benar dalam melakukan tindakan yang benar.
Perbuatan yang salah merupakan salah satu proses pembelajaran bagi kita untuk merubahkan diri yang lebih baik dan perbuatan yang benar merupakan tindakan yang harus di kembangkan lagi melalui perbuatan-perbuatan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, jika itu benar dan baik.
Perbuatan akan nampak jika perbuatan itu benar dan salah, maka perlunya merefleksikan kembali tindakan yang dilakukan. Refleksi juga merupakan merenungkan kembali apa yang salah dan apa yang benar, dalam perbuatan kehidupan sehari-hari kita. Oleh karena itu, refleksi sangat-sangat mempengaruhi dalam kehidupan sehari-hari, supaya merubahkan diri manusia dalam perilaku-perilaku yang dilakukan secara sengaja maupun secara tidah sengaja.
  • Berdoa
Berdoa merupakan komunikasi bersama Tuhan, sesuai dengan permintaan ataupun keinginan-keinginan yang harus di wujudkan. Keyakinan dalam permintaan sebuah doa menjadi pintu menuju kesuksesan.
Ketika kita berdoa, percaya bahwa Tuhan selalu hadir dalam hati kita dan mengabulkan permintaan yang kita wujudkan melalui doa-doa. Berdoa sangat berguan bagi kita karena doa ini merupakan meminta pengampunan sesuai dengan perbuatan atau kelakuan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.
Kita berdoa dengan kesungguhan hati pastilah Tuhan akan mengampuni kesalahan maupu perbuatan-perbuatannya. Maka, komunikasi dengan Tuhan sangat berguna karena menjadi pedoman demi melepaskan kedosaan-kedosaan kita, hingga tidak terbebani dalam hati dan hidup kita. 

                                                                         Oleh: Frans Y. Pigai
                                                           Mahasiswa Dr Soetomo Surabaya 


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

make an animated gif

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Bintang Kejora

Bintang Kejora

Mau Ikutan? Klik Join

 
Support : Creating Website | WEST PAPUA | WEST PAPUA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. GORESAN ANAK RANTAUAN - All Rights Reserved
Template Design by NP_Muye Published by GORESAN ANAK RANTAUAN