Headlines News :
Home » » Diskusi Lepas II Arek-Arek IPMANAPODE Atau Pana's Kota study surabaya

Diskusi Lepas II Arek-Arek IPMANAPODE Atau Pana's Kota study surabaya

Written By Unknown on 5 April 2014 | 5.4.14



Diskusi lepas II arek-arek IPMANAPADODE atau Pana’s kota study surabaya, Jumat 04/04/2014 bertempat di asrama Wisma Pana’s (WP) dengan topik yang di angkat; MANAJEMEN WAKTU. Yang di mandu dalam diskusi lepas tersebut yaitu: Abang Mesak Pekey selaku senioritas IPMANAPADODE atau Pana’s kota study Surabaya.

Dalam diskusi lepas II tersebut ini pula, telah di hadir arek-arek pana’s sekitar 17 anggot IPMANAPADODE atau pana’s.
Diskusi lepas II (dua) ini kami telah saling membagi pikiran, pengalaman namun saling bertanya antara satu sama lain bhakan tanya kepada pemandu topik.

Penjelasan  singkat menejemen waktu oleh pemandu topik, Abang Mesak Pekei. Yaitu; Jika anda ingin membuat perubahan nyata dalam hidup anda, anda harus terlebih dahulu memulai dengan belajar bagaimana secara efisien mengelola waktu anda. Siapa pun yang mengetahui bagaimana mengelola waktu, akan juga mengetahui bagaimana mengelola hidup. Manajemen waktu yang baik adalah tentang prioritas yang tepat, baru setelah itu tercipta manajemen yang tepat untuk hidup anda. Kualitas hidup anda tergantung pada manajemen yang cerdas dari waktu anda dan bukan oleh jumlah energi yang anda konsumsi pada apa yang anda lakukan.
Lagi pula ada beberapa pertanyaan yang sempat pula di tanyakan oleh Anggota Pana’s kepada para pemandu topik, yatu pertanyaan-pertanyaanya:

Apakah anda selalu merasa kehabisan waktu dan anda tidak dapat melakukan apa yang dijadwalkan?                                                                    
Apakah anda selalu merasa bahwa anda tidak memiliki cukup waktu untuk diri sendiri?

Apakah anda merasa bahwa anda hidup dan bekerja di lingkungan yang penuh tekanan tanpa hasil positif?

Jika jawaban untuk salah satu pertanyaan di atas adalah YA, maka sudah saatnya untuk mengubah hidup anda dan mulai menghabiskan waktu anda dengan bijaksana dan efisien. Anda harus berjanji pada diri anda sendiri bahwa anda akan menjadi lebih terorganisasi dan fokus pada tujuan anda dan bahwa anda akan menggunakan waktu untuk kebaikan anda sendiri.
Lagi pula ada berapa ide- ide cemerlang yang telah di bahas bersamaan yaitu;

·       Menguasai daftar hal-hal yang harus anda lakukan

Yang baik dan efisien haruslah mencakup tugas-tugas dan kegiatan anda saat ini serta tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat. Untuk setiap item dalam daftar, anda harus menentukan kapan dan berapa banyak waktu yang anda butuhkan untuk menyelesaikannya. Tugas yang berulang dapat direncanakan untuk hari-hari tertentu di mana anda memiliki waktu yang tepat untuk menyelesaikannya. Anda tidak boleh meremehkan pentingnya perencanaan tugas-tugas anda. Sebuah rencana yang baik dan akurat dapat memberikan anda kontrol yang besar dari waktu anda. Anda harus menyadari apa yang terpenting bagi anda dan menempatkannya pada urutan atas di daftar anda.

·       Belajarlah untuk mengatur prioritas anda

Anda harus belajar bagaimana secara efisien mengatur prioritas-prioritas anda. Tugas yang paling penting harus berada di peringkat lebih tinggi dalam daftar. Cobalah untuk menerapkan prinsip di mana 80 % dari prestasi anda dihasilkan dengan melakukan 20 % usaha anda. Dengan kata lain, cobalah untuk bekerja cerdas dan sederhana. Jangan mengabaikan tugas-tugas penting anda untuk mencapai hasil yang tidak signifikan.

·       Menganalisa dimana anda menghabiskan waktu anda

Untuk dapat mengoptimalkan waktu anda lebih baik, anda harus terlebih dahulu memahami di mana anda menghabiskan waktu anda. Untuk melakukan itu, anda dapat menggunakan (catatan rekaman) untuk merekam aktivitas anda. Anda harus melakukan itu selama 1-2 minggu. Dalam log, anda harus mencatat semua yang anda lakukan per jam ketika anda terjaga, berapa banyak waktu yang anda alokasikan untuk setiap tugas, aktivitas, pertemuan dan berapa banyak waktu yang anda alokasikan untuk istirahat dan tidur. Setelah anda memiliki informasi ini di log, anda dapat mulai menganalisa di mana anda menghabiskan waktu anda dan buatlah perubahan yang diperlukan untuk mengoptimalkan waktu anda. Anda harus fokus pada kegiatan yang paling penting untuk diselesaikan. Hindari kegiatan atau tugas yang tidak memberikan nilai tambah.

·       Jangan lupa diri anda sendiri

Ketika anda membuat rencana, jangan lupa menyertakan kegiatan yang berkaitan dengan kesenangan dan waktu istirahat untuk anda sendiri. Selama waktu ini, pastikan bahwa anda benar-benar berhenti dari pekerjaan anda, santailah dan isi ulang baterai anda. Jika diperlukan cobalah untuk tidur selama setengah jam dan selama waktu itu lakukan sesuatu yang anda sukai dan membuat anda tenang. Setengah jam memang tidak membuat perbedaan dalam tidur anda, tetapi dapat memberikan kepuasan dan mempersiapkan anda lebih baik di hari berikutnya. Beri penghargaan untuk diri anda sendiri ketika anda berhasil menyelesaikan pekerjaan yang melelahkan.

Berbagai ide-ide cemerlang yang kami telah membahas bersama, dengan bersamaan seluruh anggota Pana’s yang turut hadir di saat diskusi lepas II IPMANAPADODE atau Pana’s kota study surabaya.

Namun pemandu Topik MANAJEMEN WAKTU; Bung Mesak Pekey telah mengambil kesimpulannya yaitu;   
Maka, bisa disimpulkan secara sederhana bahwa manajemen waktu itu hanya 3 langkah saja:

·   Tentukan target yang jelas dan terukur Susun rencana dengan cermat dan terukur langka-langka nya.

·   Gunakan waktu seefisien bahkan kalau perlu manfaatkan waktu2 luang untuk menyelesaikan.

·   Ingat ya, orang sukses bukanlah orang yang punya banyak harta. Tapi orang sukses adalah orang yang mampu memanfaatkan waktu luangnya dengan optimal. (Step M Pigai)
                                                               
                                                               Wisma pana’s (WP) 04/04/2014
                        

                                    THANK’S ALL                   
                                          

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

make an animated gif

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Bintang Kejora

Bintang Kejora

Mau Ikutan? Klik Join

 
Support : Creating Website | WEST PAPUA | WEST PAPUA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. GORESAN ANAK RANTAUAN - All Rights Reserved
Template Design by NP_Muye Published by GORESAN ANAK RANTAUAN