Diskusi
lepas II arek-arek IPMANAPADODE atau Pana’s kota study surabaya, Jumat
04/04/2014 bertempat di asrama Wisma Pana’s (WP) dengan topik yang di angkat; MANAJEMEN
WAKTU. Yang di mandu dalam diskusi lepas tersebut yaitu: Abang Mesak Pekey
selaku senioritas IPMANAPADODE atau Pana’s kota study Surabaya.
Dalam diskusi
lepas II tersebut ini pula, telah di hadir arek-arek pana’s sekitar 17 anggot
IPMANAPADODE atau pana’s.
Diskusi lepas II (dua) ini kami telah saling membagi pikiran,
pengalaman namun saling bertanya antara satu sama lain bhakan tanya kepada
pemandu topik.
Penjelasan singkat
menejemen waktu oleh pemandu topik, Abang Mesak Pekei. Yaitu; Jika anda ingin
membuat perubahan nyata dalam hidup anda, anda harus terlebih dahulu memulai
dengan belajar bagaimana secara efisien mengelola waktu anda. Siapa pun yang
mengetahui bagaimana mengelola waktu, akan juga mengetahui bagaimana mengelola
hidup. Manajemen waktu yang baik adalah tentang prioritas yang tepat, baru
setelah itu tercipta manajemen yang tepat untuk hidup anda. Kualitas hidup anda
tergantung pada manajemen yang cerdas dari waktu anda dan bukan oleh jumlah
energi yang anda konsumsi pada apa yang anda lakukan.
Lagi pula ada beberapa pertanyaan yang sempat pula di tanyakan
oleh Anggota Pana’s kepada para pemandu topik, yatu pertanyaan-pertanyaanya:
Apakah anda selalu merasa kehabisan waktu dan anda tidak
dapat melakukan apa yang dijadwalkan?
Apakah anda selalu merasa bahwa anda tidak memiliki cukup waktu untuk
diri sendiri?
Apakah anda merasa bahwa anda hidup dan bekerja di lingkungan
yang penuh tekanan tanpa hasil positif?
Jika jawaban untuk salah satu pertanyaan di atas adalah YA,
maka sudah saatnya untuk mengubah hidup anda dan mulai menghabiskan waktu anda
dengan bijaksana dan efisien. Anda harus berjanji pada diri anda sendiri bahwa
anda akan menjadi lebih terorganisasi dan fokus pada tujuan anda dan bahwa anda
akan menggunakan waktu untuk kebaikan anda sendiri.
Lagi pula ada berapa ide- ide cemerlang yang telah di bahas
bersamaan yaitu;
·
Menguasai daftar hal-hal yang harus anda lakukan
Yang baik dan efisien haruslah
mencakup tugas-tugas dan kegiatan anda saat ini serta tugas-tugas yang harus
diselesaikan dalam waktu dekat. Untuk setiap item dalam daftar, anda harus
menentukan kapan dan berapa banyak waktu yang anda butuhkan untuk
menyelesaikannya. Tugas yang berulang dapat direncanakan untuk hari-hari tertentu
di mana anda memiliki waktu yang tepat untuk menyelesaikannya. Anda tidak boleh
meremehkan pentingnya perencanaan tugas-tugas anda. Sebuah rencana yang baik
dan akurat dapat memberikan anda kontrol yang besar dari waktu anda. Anda harus
menyadari apa yang terpenting bagi anda dan menempatkannya pada urutan atas di
daftar anda.
·
Belajarlah untuk mengatur prioritas anda
Anda harus belajar bagaimana secara
efisien mengatur prioritas-prioritas anda. Tugas yang paling penting harus
berada di peringkat lebih tinggi dalam daftar. Cobalah untuk menerapkan prinsip
di mana 80 % dari prestasi anda dihasilkan dengan melakukan 20 % usaha anda.
Dengan kata lain, cobalah untuk bekerja cerdas dan sederhana. Jangan
mengabaikan tugas-tugas penting anda untuk mencapai hasil yang tidak
signifikan.
·
Menganalisa dimana anda menghabiskan waktu anda
Untuk dapat mengoptimalkan waktu anda
lebih baik, anda harus terlebih dahulu memahami di mana anda menghabiskan waktu
anda. Untuk melakukan itu, anda dapat menggunakan (catatan rekaman) untuk
merekam aktivitas anda. Anda harus melakukan itu selama 1-2 minggu. Dalam log,
anda harus mencatat semua yang anda lakukan per jam ketika anda terjaga, berapa
banyak waktu yang anda alokasikan untuk setiap tugas, aktivitas, pertemuan dan
berapa banyak waktu yang anda alokasikan untuk istirahat dan tidur. Setelah
anda memiliki informasi ini di log, anda dapat mulai menganalisa di mana anda
menghabiskan waktu anda dan buatlah perubahan yang diperlukan untuk
mengoptimalkan waktu anda. Anda harus fokus pada kegiatan yang paling penting
untuk diselesaikan. Hindari kegiatan atau tugas yang tidak memberikan nilai
tambah.
·
Jangan lupa diri anda sendiri
Ketika anda membuat rencana, jangan
lupa menyertakan kegiatan yang berkaitan dengan kesenangan dan waktu istirahat
untuk anda sendiri. Selama waktu ini, pastikan bahwa anda benar-benar berhenti
dari pekerjaan anda, santailah dan isi ulang baterai anda. Jika diperlukan
cobalah untuk tidur selama setengah jam dan selama waktu itu lakukan sesuatu
yang anda sukai dan membuat anda tenang. Setengah jam memang tidak membuat
perbedaan dalam tidur anda, tetapi dapat memberikan kepuasan dan mempersiapkan
anda lebih baik di hari berikutnya. Beri penghargaan untuk diri anda sendiri
ketika anda berhasil menyelesaikan pekerjaan yang melelahkan.
Berbagai ide-ide cemerlang yang kami telah membahas bersama, dengan bersamaan seluruh
anggota Pana’s yang turut hadir di saat diskusi lepas II IPMANAPADODE atau Pana’s
kota study surabaya.
Namun pemandu Topik MANAJEMEN WAKTU; Bung Mesak Pekey telah
mengambil kesimpulannya yaitu;
Maka,
bisa disimpulkan secara sederhana bahwa manajemen waktu itu hanya 3 langkah
saja:
· Tentukan
target yang jelas dan terukur Susun rencana dengan cermat dan terukur
langka-langka nya.
· Gunakan
waktu seefisien bahkan kalau perlu manfaatkan waktu2 luang untuk menyelesaikan.
· Ingat
ya, orang sukses bukanlah orang yang punya banyak harta. Tapi orang sukses
adalah orang yang mampu memanfaatkan waktu luangnya dengan optimal. (Step M Pigai)
Wisma
pana’s (WP) 04/04/2014
THANK’S
ALL
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !