Headlines News :
Home » » Pentingnya Pendidikan Bagi Generasi Muda Papua

Pentingnya Pendidikan Bagi Generasi Muda Papua

Written By Unknown on 2 November 2014 | 2.11.14


  Ditulis Oleh: Frans Yube Pigai Alumi SMA YPPK Adhi Luhur Nabire-Papua

 
Pendidikan generasi muda Papua akan membentuk sumber daya manusia yang berpotensi merupakan kunci utama kemajuan suatu bangsa Papua. 

Intinya pendidikan ini sendiri pada dasarnya adalah proses perkembangan dan kemajuan nilai-nilai yang akan membentuk diri seseorang. Selama proses ini terjadi pengalaman dan pengambilan keputusan seseorang akan bertambah baik. 

Hasil akhir suatu proses pendidikan adalah terbentuknya seseorang yang mampu berdiri sendiri, bekerja, dan tak pernah berhenti untuk belajar serta mengembangkan apa yang telah diperoleh atupun dipelajari. 


Penulis berpendapat bahwa hambatan yang ada, umumnya hanya berkisar “ tak mencoba maka tak bisa dan tak kenal maka tak sayang” penanggulangan permasalahan ini, khususnya yang berkaitan dengan pendidikan di tanah Papua ini, akan membentuk keunikan kepribadian seseorang, untuk menjadi kemajuan dan kebahagiaan bagi generasi muda Papua.

Proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan, pada umumnya melibatkan empat komponen utama, yaitu: murid, guru, lingkungan belajar, dan materi pembelajaran. Keempat komponen ini memengaruhi murid dalam mencapai tujuan belajarnya dengan baik pada umumnya bagi generagi penerus Papua. 

Tentunya setiap murid mempunyai berbagai bakat kemampuan yang berlainan (berbeda-beda), ditinjau dari aspek daya tangkapnya, pengetahuan yang dimilikinya dalam bidang yang dipelajari, motivasi belajar, keterampilan belajar, dan tujuan untuk belajar.

Nilai-nilai ini merupakan salah satu pembelajaran dan pengembangan pendidikan di tanah Papua yang bertumbuh dan berkembang bagi generasi muda penerus bangsa Papua.

Pendidikan merupakan salah satu wujud nilai yang akan mengembangkan karakter dan wawasan bagi manusia yang membutuhkan pendidikan. Maka dari itu, marilah kita sebagai penerus bangsa khususnya generasi muda Papua, kita harus membuka hati untuk mengambil tindakan-tindakan yang akan membatu wawasan untuk berfikir masa depan Papua.

Agar dengan adanya pendidikan manusia bisa melangkah kaki untuk membangun tanahnya sendiri. Marilah kita sebagai generasi muda Papua, akan membuka jalan kebenaran untuk mengambil pendidikan yang ada di tanah Papua ini, agar pendidikan ini dapat membentuk kemakmuran dan pengetahuan bagi generasi yang berkembang di tanah Papua.

Oleh karena itu, dengan adanya pendidikan ini, sedikit akan membantu kita untuk menambahkan ilmu pengetahuan, demi mambangun bangsa dan negaranya yang terlihatnya tidak jelas di mata kepalanya kita sebagai penerus bangsa Papua, demi mewujudkan impian-impian yang menjadi suatu keterkaitan dengan ilmu pengetahuan yang ada di tanah Papua.


Admin: Goresan Anak Rantau
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

make an animated gif

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Bintang Kejora

Bintang Kejora

Mau Ikutan? Klik Join

 
Support : Creating Website | WEST PAPUA | WEST PAPUA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. GORESAN ANAK RANTAUAN - All Rights Reserved
Template Design by NP_Muye Published by GORESAN ANAK RANTAUAN