Headlines News :
Home » » TANAH ADALAH IBU/MAMA ''MAKIKO AKUKAI''

TANAH ADALAH IBU/MAMA ''MAKIKO AKUKAI''

Written By Unknown on 26 Maret 2014 | 26.3.14



TANAH ADALAH IBU/MAMA ''MAKIKO AKUKAI''

Sepanjang Jalan Raya antara wakeitei I (satu) sampai dengan wakeitei II (dua) bhakan, sampai perempatan jalan Doutou Dagi “ Itaa keboo” sampai Kali Unuu peuu, sepanjan jalan Loronang Bawah wakeitei II (dua) ini, telah di jual Lokasi  atau Tanah, oleh Para orang tua kami “Meeiboudo”  kepada para pendatang “Iyoo Woyaa”.  Maka sekarang Pendatang “Iyoowoya” telah menguasaan sepanjang jalan tersebut, hingga membangunkan rumah-rumah mewah kios bhakan kios obral. 

Hal tersebut ini saya sangat kagum melihatnya, namun perna saja saya terbayang bhawa; “ jangan sampai hal tersebut ini bisa terjadi seperti di jawa. Semacam, yang mempunyai lokasi atau tanah ini karena sudah menjual habis maka, tinggal dan hidupnya dibawah kolom jembatan bhakan kehidupnya pun berantakan”.  Seperti demikian pula bisa terjadi juga di Meuwoodide, karena Lokasi atau Tanah Leluhur kami itu baik, tempat keramat “Daa Okogoo” bhakan tempat-tempat bersejara “Kabo Makii” itu pun telah di jual bhakan akan di jual oleh para orang Tua kami “Meeiboudo” kepada para Pendatang “Iyoowoyaa”.

Maka kehidupan kedepan bagi kami bhakan Generasi penerusnya, akan hidupnya terkocar-kacir bhakan hidup menderita, karena para orang tua kami telah menjual tanah yang telah tempat tingalnya para penghuni “meeipuwee” atau tempat-tempat tingalnya berbagai penghuni-penghuni “Ee Eniyaa Tee Eniyaa h daa”. Maka dengan telah terjualnya Lokasi atau tanah tersebutnya, sehingga tempat tingga atau sebagai rumah para penghuni “Ipuwee” telah di bangun rumah-rumah mewah, kios, toko bhkan bangunan-bangunan lain, sehingga tiada lagi tempat lagi untuk para penghuni “Ipuwee” tinggal maka, dengan tidak sengaja mereka pun bisa mengancam kami dengan hal-hal yang membahayakan dan menghilangkan nyawa kami. Karena Penghuni atau “inii Ipuwee” itu sebagai penopang atau penolong dalam berbagai percobaa yaitu; Percobaan yang sangat tak dapat bisa di atasi maupun yang bisa di atasi. Jika kalau kita pun melindungi Penghuni kita atau “ Inii Ipuwee” maka ia pun dapat melindungi Nya.

                                                                                                                     
Senin Tgl 24/03/14     

                                                                                                              By: Step Makituma P      
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

make an animated gif

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Bintang Kejora

Bintang Kejora

Mau Ikutan? Klik Join

 
Support : Creating Website | WEST PAPUA | WEST PAPUA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. GORESAN ANAK RANTAUAN - All Rights Reserved
Template Design by NP_Muye Published by GORESAN ANAK RANTAUAN