Headlines News :
Home » » ARTI KEHIDUPAN MANUSIA

ARTI KEHIDUPAN MANUSIA

Written By STEPANUS PIGAI on 24 April 2013 | 24.4.13



Dalam kehidupan selalu ada perbedaan,salah satu contohnya adalah menang atau kalah,Kaya atau miskin ,Sukses atau gagal tapi memiliki proses yang berbeda – beda.

Ada yang ngomong ,kalau hidup bagaikan roda yang berputar. Ada juga hidup adalah mimpi yang sedang di alami. Banyak sekali arti kehidupan ,jika kita lihat dari bagaiamana proses kehidupan itu sendiri.Suatu proses akan berjalan dengan baik apabila proses itu diawali oleh suatu yang baik pula.Kadang kita berpikir apa , bagaimana , cara membuat hidup kita   nyaman dan enak selalu ?

Kita bisa jawab,jika namanya hidup tidak ada yang nyaman dan nikmat karena penindasan, pembunuhan, penganiyayaan, perampokan bhakan banyak hal yang tidak dapat disebutkan .Maka begitu, kita tidak akan merasakan nikmatnya kehidupan.

Kenikmatan dapat dicapai apabila sudah mengalami kesusahan.

Hidup untuk mempersembahkan segala yang terbaik,yaitu yang bermakna untuk dunia dan berarti untuk akhirat, bukan mudah untuk mewujudkan kata-kata tersebut, tidak semudah untuk mengetik huruf-huruf dan bersatu menjadi rangkaian kalimat yang indah. Seringnya yang terjadi pincang, bilamana terbaik untuk dunia, rupanya tidak demikian untuk akhirat. Juga bila dirasakan terbaik untuk akhirat, hal-hal dunia tidak, perlu mempersembahkan yang terbaik apa jua yang diperbuat, karena dunia hanya bersifat sementara, kebermaknaan kehidupan dunia adalah kelangsungan yang berarti untuk akhirat yang kekal abadi.

Untuk menjadi insan yang dapat mempersambahkan yang terbaik tidak memerlukan hal yang bagus-bagus belaka, juga tidak memerlukan pengorbanan yang begitu besar karena hakikatnya manusia penuh dengan kepincangan, hanya perlu satu tekad dan sejumlah istiqamah, lantaran bila ada kedua intipati ini segala hal akan menghasilkan yang terbaik untuk dunia dan akhirat.

Kehidupan ini mempunyai seribu satu arti dan makna. Kehidupan ini tidak semudah yang disangka oleh golongan yang sambil lalu dan tidak sesusah yang disangka oleh golongan yang tamak dan bergantung kepada dirinya semata-mata. Manusia yang lalai dari hakikat dirinya yang sekedar seorang hamba kepada Tuhannya, secara tidak langsung akan menghadapi kesulitan dalam berinteraksi dengan kehidupan itu sendiri, ini karena apa yang dicari hanyalah kepuasan nafsu diri, kelezatan yang memberi manfaat kepada kepentingan diri sendiri tanpa menghayati makna kehidupan yang lebih sempurna

Hidup ini ibarat suatu pelajaran, ia bermula tanpa pernah dipinta dan akan berakhir dengan tanpa pernah diduga. Dibalik sebuah perjalanan yang bernama kehidupan, ada sebuah pengertian yang perlu dihayati, dan sebuah tujuan hakiki yang perlu dilaksanakan. Orang yang hidup tanpa memahami hakikat kehidupan sebenarnya akan tersiksa dalam menanggung onak dan duri dalam kehidupan ini dan jiwanya akan merasa kosong. Hidup dalam sebuah kehidupan yang penuh kepalsuan dan kesamaran akan mati dalam sebuah kematian yang penuh dengan penyesalan. Dalam hidup ini tujuan hidup merupakan suatu intipati yang amat penting, seseorang yang hidup tanpa tujuan bukan saja akan merasa kekosongan, tetapi juga merasakan kesamaran dan terus merasakan kerugian dengan usia dirinya sendiri.

Demi sebuah kehidupan yang bahagia, seseorang perlu mempunyai sebuah tujuan dibalik kehidupannya agar ia tahu apa yang ia perlu lakukan dalam hidup ini dan tidak mati dalam keadaan sia-sia.

 

Oleh : Stepanus pigai 

Mahasiswa ITATS Surabaya.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Bintang Kejora

Bintang Kejora

Mau Ikutan? Klik Join

 
Support : Creating Website | WEST PAPUA | WEST PAPUA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. GORESAN ANAK RANTAUAN - All Rights Reserved
Template Design by NP_Muye Published by GORESAN ANAK RANTAUAN